Monday, February 25, 2013

Apa sih STIS?

Pada post kali ini, saya akan sedikit mengulas tetang Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau disingkat STIS. STIS merupakan salah satu dari sekian banyak perguruan tinggi di Indonesia. Perlu diketahui, perguruan tinggi dapat berbentuk Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, atau Akademi. Namun sebelum itu, untuk memudahkan pemahaman posisi STIS itu di mana, mari kita membagi perguruan tinggi menjadi 3 jenis :

1. PTN = Perguruan Tinggi Negeri, dikelola oleh Kementerian Pendidikan Nasional.
Contoh PTN : UI, UGM, ITB, Unpad, Unsri, Unib, Undip, ITS, Unand, USU dan lain-lain.
2. PTS = Perguruan Tinggi Swasta, dikelola oleh lembaga swasta dengan izin Kemendiknas.
Contoh : Binus, Gunadarma, Trisakti, UMM, IKJ, Pasundan, Pancasila dan lain-lain.
3. PTK = Perguruan Tinggi Kedinasan, dikelola khusus oleh lembaga pemerintah baik kementerian maupun lembaga non departemen. Mahasiswa PTK diseleksi dan dididik untuk memenuhi SDM lembaga pemerintahan yang menyelenggarakan pendidikan tersebut. Dengan kata lain, mahasiswa PTK mendapat perjanjian ikatan dinas, di mana setelah lulus akan menjadi abdi negara di lembaga pemerintahan tersebut sebagai PNS. 
Contoh : STIS, STAN, IPDN, AKMIL, AKPOL, AMG, AIM, STIN, STKS, STTD dan lain-lain.

Well, sudah tahu kan di mana posisi STIS?

STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik adalah salah satu PTK yang dikelola oleh lembaga pemerintah non departemen bernama Badan Pusat Statistik (BPS), seperti halnya STAN dikelola oleh Departemen Keuangan, IPDN dikelola oleh Departemen Dalam Negeri, dan lain-lain. STIS berdiri sejak tahun 1958 dan berlokasi di Jl. Otto Iskandardinata 64C, Jakarta Timur. Mahasiswa yang mengikuti pendidikan di STIS telah diseleksi dengan ketat melalui 3 tahapan tes. Seleksi dilakuakn dengan sistem ranking nasional bukan sistem kuota. Setelah mahasiswa berhasil menyelesaikan pendidikan di STIS, maka generasi penerus bangsa ini akan bekerja di Kantor Badan Pusat Statistik di seluruh wilayah Indonesia sebagai PNS. 

Lalu apa saja syarat dan ketentuan mendaftar di STIS?
Berikut syarat mendaftar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STIS TA 2013/2014

1. Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak untuk bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan mau pun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.
2. Lulus Ujian Nasional SMA Jurusan IPA atau MA Jurusan IPA. Bagi lulusan sebelum tahun 2013, memiliki ijazah SMA Jurusan IPA atau MA Jurusan IPA, dan bagi calon lulusan tahun 2013 memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan dan cap sekolah asal atau memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) Nasional.
3. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada kelas XII semester I (bukan hasil pembulatan dan bukan rata-rata). Untuk mata pelajaran yang terdiri dari mata pelajaran kognitif (pengetahuan) dan afektif (keterampilan), yang dilihat adalah nilai mata pelajaran kognitifnya. Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS), yang dilihat adalah nilai pada semester terakhir saat mata pelajaran tersebut diselesaikan.
4. Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2013 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 Oktober 1991).
5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS.
6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
7. Bersedia mematuhi peraturan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang berlaku.
8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS.
9. Setelah lulus, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.
Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara on-line melalui internetdengan mengakses situs resmi STIS di www.stis.ac.id dan dapat dilakukan dari mana pun.

Berikut 3 Tahapan Seleksi PMB STIS :
- Ujian tahap I: Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum
- Ujian tahap II: Psikotes
- Ujian tahap III: Wawancara dan tes kesehatan
Mau tau apa saja keuntungan dan kelebihan kuliah di STIS? Ikuti postingan saya berikutnya...

1 comments:

Erika Hening Pratiwi said...

kak, gak ada syarat batas tinggi badan kan? terima kasih.

Post a Comment

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------